Ujian Praktek TIK Kelas IX

I. Soal Materi Microsoft Word

A. Surat Undangan

PETUNJUK PENGERJAAN  :

  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
  2. Aligment Justified
  3. Jenis huruf                            : Times New Roman
  4. Ukuran huruf                            : 12
  5. Margin atas (Top)                     : 4 cm
  6. Margin kanan (Right)             : 3 cm
  7. Margin bawah (Bottom)         : 4 cm
  8. Margin kiri (Left)                      : 3 cm
  9. Spasi                                             : 1,5 lines
  10. Ukuran kertas                            : Legal
  11. Gunakan fasilitas Shapes untuk menyisipkan Line/Garis.
  12. Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
  13. Gunakan fasilitas Bullets and Numbering untuk memberikan penomoran atau simbol-simbol lain.
  14. Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebal, huruf miring, dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
  15. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.

Contoh  : Filename = Ira Kadarsih_IXA

Surat Undangan

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In.
  3. Klik New/Tulis
  4. Isilah To/Kepada  : andangtik@yahoo.com, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Word.
  5. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  6. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

B. Surat Lamaran Pekerjaan

Petunjuk pengerjaan  :

  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
  2. Aligment Justified
  3. Jenis huruf                               :  Times New Roman
  4. Ukuran huruf                          :  12
  5. Margin atas (Top)                    :  4 cm
  6. Margin bawah (Bottom)         :  3 cm
  7. Margin kiri (left)                     :  4 cm
  8. Margin kanan (Right)              :  3 cm
  9. Spasi                                        :  1.5 lines
  10. Ukuran kertas                          :  Legal
  11. Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
  12. Gunakan fasilitas bullets and numbering untuk memberikan penomoran atau symbol.
  13. Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebal, huruf miring dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
  14. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.

Contoh  :   Folder = Kelas IX A, Filename = Ira Kadarsih

Surat Lamaran Kerja (2)

II. Soal Materi Microsoft Excel

A. Fungsi Logika IF

PETUNJUK PENGERJAAN

  1. Ketiklah tabel di bawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Ketik kolom No dengan data urut.
  3. Isikan kolom Jabatan dengan Fungsi Logika jika kode A maka Direktur, kode B maka Staff Administrasi, kode C maka Staff Operator.Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”Direktur”,IF(B7=”B”,”Administrasi”,IF(B7=”C”,”Operator”)))
  4. Isikan kolom Gaji dengan Fungsi Logika jika kode A maka 1.500.000, kode B maka 1.000.000, kode C maka 850.000. Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”1500000″,IF(B7=”B”,”1000000″,IF(B7=”C”,”850000″)))
  5. Isikan kolom Tunjangan dengan Fungsi Logika jika kode A maka 20% dari gaji, kode B maka 10% dari gaji, kode C maka 5% dari gaji.
  6. Isikan kolom Astek dengan rumus 2,5% dari Gaji
  7. Isikan kolom Total dengan rumus (Gaji + Tunjangan) – Astek
  8. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.

Contoh  : Filename = Ira Kadarsih_IXA

KETENTUAN  :

Jabatan

Jika  kode A maka Direktur

kode B maka Staff Administrasi

kode C maka Staff Operator

Gaji

Jika  kode A maka 1.500.000

kode B maka 1.000.000

kode C maka 850.000

Tunjangan

Jika  kode A maka 20% dari gaji

kode B maka 10% dari gaji

kode C maka 5% dari gaji

Astek

2,5% dari gaji

Total

(Gaji + Tunjangan) – Astek

New Picture

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
  3. Klik New/Tulis
  4. Isilah To/Kepada  : andangtik@yahoo.com, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel.
  5. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  6. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

B. Fungsi Statistik

Petunjuk pengerjaan  :

  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Ketikan No dengan Data Urut.
  3. Isikan kolom Jumlah Nilai dengan Rumus (UTS+UAS+Praktik)/3.
  4. Isikan kolom Total Nilai Kelas dengan Fungsi SUM.
  5. Isikan kolom Rata-Rata Nilai Kelas dengan Fungsi Average.
  6. Isikan kolom Nilai Terendah dengan Fungsi Min.
  7. Isikan kolom Nilai tertinggi dengan Fungsi Max.
  8. Isikan kolom Jumlah data dengan Fungsi Count
  9. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.

Contoh  :   Folder = Kelas IX A, Filename = Ira Kadarsih

New Picture (1)

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
  3. Klik New/Tulis
  4. Isilah To/Kepada  : andangtik@yahoo.com, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel.
  5. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  6. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

III. Soal Materi Microsoft Power Point

PETUNJUK PENGERJAAN  :

  1. Kerjakan lembar kerja atau slide di bawah ini sesuai dengan urutan menggunakan Program Aplikasi PowerPoint
  2. Format background  dan model teks tulisan boleh difariasi
  3. Simpan lembar presentasi dengan nama file : PRESENTASI

IV. Soal Materi Internet

PETUNJUK PENGERJAAN :

  1. Aktifkan Internet browser (Web Browser) dengan Mozilla atau Internet Explorer.
  2. Masuk di halaman Yahoo! Mail : http://mail.yahoo.com (bhs Inggris) atau http://mail.yahoo.co.id (bhs Indonesia).
  3. Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya, kemudian sign in.
  4. Klik New/Tulis Pesan
  5. Isikan To/Kepada (alamat tujuan e-mail), subject/Judul (judul e-mail) dan isi e-mail yang akan dikirimkan.

Form yang wajib diisi adalah To/Kepada (Kepada siapa e-mail akan dikirimkan), Subject dan isi e-mail/pesan yang akan dikirimkan ke alamat tujuan.

To/Kepada        :  andangtik@yahoo.com

Cc                          :

Subject/Judul  :

6.  Ketiklah teks dibawah ini, Tulis isi surat  :

7. Setelah selesai dan yakin sudah benar, maka klik Send/Kirim.

8.  Jangan lupa klik Sign Out untuk keluar email tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: